Membuat Rumah Container

Cara Membuat Kontainer Rumahrumah container

Biasanya kontainer atau peti kemas selalu digunakan untuk mengirim barang baik dari luar maupun dalam negeri. akan tetapi sebenarnya kontainer tersebut sebenarnya dapat kita gunakan untuk menjadi hal yang lain seperti rumah, restaurant, café, serta banyak desain unik yang lainnya. untuk kali ini mari kita lihat cara membuat rumah container yang dapat menjadi salah satu pilihan tempat tinggal bagi kita yang ingin memiliki desain rumah yang unik dan tentunya berbeda dengan rumah lainnya di lingkungan tempat tinggal kita.

Membuat kontainer rumah dengan cara sederhana

  1. Pertama kita harus memilih ruangan apa saja yang kita inginkan dalam rumah kita dengan demikian kita bisa membuat ruangan yang sesuai dalam kontainer yang kita kerjakan nanti. sesungguhnya ruangan dalam kontainer sama seperti ruangan dalam rumah pada umumnya jadi kita tinggal memilih dan menempatkan kira-kira letak yang cocok untuk ruangan tersebut.
  2. Selanjutnya kita perlu untuk membeli kontainer yang dapat digunakan membuat rumah yang kita inginkan. Biasanya untuk kontainer yang ada di Jakarta kita bisa menemukan yang berukuran 20 feet ataupun 40 feet. Keduanya memiliki lebar 2.4 meter dan tinggi 2.6 meter, namun untuk yang berukuran 20 feet maka panjangnya adalah 6 meter dan untuk ukuran 40 feet panjangnya adalah 12 meter.
  3. Kedua ukuran kontainer bisa digunakan untuk membangun rumah container namun kita membutuhkan 2 kontainer agar mendapatkan lebar yang cukup. Dengan demikian kita juga perlu memotong sisi dari kontainer tersebut sehingga dapat disatukan menjadi ruangan yang cukup besar untuk membuat rumah.
  4. Sebagai langkah awal kita perlu membuat fondasi untuk kontainer rumah yang ingin kita bangun nantinya. gunakan beberapa tulang baja sebagai dasar dan pasang plat baja di bagian ujung fondasi
  5. Gunakan mesin derek untuk menaruh kontainer ke atas fondasi yang telah kita buat tadi sehingga posisinya bisa tepat. las bagian ujung rumah ke plat baja di bagian ujung fondasi yang sudah kita buat tadi. Jangan lupa untuk mengelas kedua kontainer sehingga bisa tersambung menjadi satu bagian untuk kemudian digunakan sebagai rumah.
  6. Gunakan pemotong besi untuk memotong kontainer sehingga kita bisa mendapatkan pintu dan jendela pada permukaan kontainer rumah seperti layaknya rumah pada umumnya.
  7. Untuk bagian dalamnya kita bisa mulai membuat ruangan yang tadi telah kita rencanakan sebelumnya. Kita bisa menggunakan kayu ataupun plat besi sebagai pemisah antar ruangan.
  8. Jangan lupa bahwa kita juga perlu menambahkan berbagai kabel untuk saluran listrik dan pipa-pipa untuk saluran air sehingga rumah dapat berfungsi dengan sempurna. Karena itulah kita akan perlu menggunakan bantuan dari tukang yang sudah ahli karena hal ini memerlukan pengetahuan khusus dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.
  9. Untuk bagian atap mungkin kita bisa menambahkan atap rumah seperti umumnya, atau jika kita ingin desain yang lebih modern maka lebih baik jika atap kontainer dibiarkan seperti apa adanya.
  10. Setelah ruangan dan masalah pipa selesai kita bisa mulai menghias bagian dalam rumah. Masukkan berbagai furniture yang dibutuhkan seperti sofa untuk ruang tamu, meja makan, tempat tidur, kursi dan lain sebagainya. Kita juga dapat menghias bagian dalam rumah dengan macam-macan aksesoris seperti lukisan, foto, lampu hias, dan lainnya agar rumah container menjadi lebih nyaman ditinggali.

Contact Us :
Mobile : 0838 98888 045
Phone : 021- 51176569
Address :
Jalan Raya Cakung Cilincing no 89 
Jakarta Utara 14140
Mail :
Container.Indonesia@gmail.com

Comments are closed.